Edi Purwanto Trace

Save the Freedom Thoughts

Gus Dur Kyai Nyleneh

Posted by Edi Purwanto pada Mei 12, 2008

oleh edhenk

Siapa yang tidak kenal dengan kenylenehan dan pikiran nakal Gus Dur? Hampir semua orang yang ada di Negeri ini kenal dengan beliau. Mulai Artis sampai tandak-tandak ludruk kenal dengan beliau. Mulai dari kiyai yang paling Masyhur sampai Kyai kampung. Beliau adalah tokoh besar yang paling disegani di negri ini.

Keberadaan Gus Dur memang memberikan angin segar kelompok muda NU untuk berfikir bebas. Seolah Gus Dur telah membebaskan pemikiran anak-anak muda NU dari belenggu tirani. Tidak saja bagi kalangan muda NU, Gus Dur juga menjebol kran pers yang selama ini di tutup rapat-rapat oleh rezim Suharto.

Yach sosok Gus Dur memang sosok yang kontroversial. Namun di balik kontroversialnya itu, justru memberikan ilham-ilham baru bagi perkembangan pemikiran Islam di Indonesia. Beliau memiliki kepedulian yang tinggi terhadap komunitas-komunitas marginal. Agama-agama yang tidak tercatat dalam SK Mentri Agama juga menjadi perhatian beliau. memang beliau pantas mendapatkan predikat sebagai bapak bangsa. Kontribusinya dalam membagun bangsa ini cukup besar.

Terlepas dari itu semua, Gus Dur juga manusia seperti kita. Jadi wajar saja kalau Gus Dur melakukan kesalahan dan banyak kekurangan.
So mengapa kita musti takut dan selalu heroik jika ada kesalahan yang terjadi pada Gus Dur?
Fanatis kepada Gus Dur bolehlah tapi jangan terlalu berlebihan!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: