Edi Purwanto Trace

Save the Freedom Thoughts

Rene Des Cartes Seorang Rasionalis Yang Tidak Menghargai Rasio

Posted by Edi Purwanto pada Mei 14, 2008

Edi Purwanto

Rene Des Cartes adalah seorang tokoh rasionalis yang memiliki sebuah slogan besar “Cogito Ergo Sum” saya berfikir maka saya ada. Pada masa itu perkataan Des Cartes sangatlah memiliki sebuah pengaruh yang sangat besar. Melanjutkan dari rasionalimenya Plato Des Cartes mencoba untuk mengusung kembali dan menafikan empirismenya Aristoteles. Sebenarnya Des Cartes Ingin sekali melepaskan semua pemikiranya berkenaan dengan hal-hal yang sifatnya adalah metafisika. Dalam praksisnya Des Cartes terjebak pada pengetahuan yang sifatnya substantif. Des Cartes tidak berani secara radikal memberikan penjekasan tentang sesuatu yang ia sanksikan. Dalam pensanksianya ia kelihatan masih mamang dan ragu-ragu dalam menafikan eksistensi dari Tuhanya.Dalam tataran praksis Des Cartes juga masih dalam keadan tidak komitmen terhadap pemikiranya sendiri berkenan dengan rasionalis. Dia beranggapan bahwa pengetahuan yang murni yaitu melalui proses nalar yaitu bersifat rasional. Dalam kerasionalanya Des Cartes secara tidak langsung pasti akan menjustifikasi bahwa kebenaran diluar dirinya (other) adalah tidak ada dan dalam pemikiranya pula kehidupan tidak bisa lepas dari sebuah pemikiran. Dalam hal ini akal manusia sangatlah terbatas dan ketika keterbatasan ini membentuk sebuah kesadaran maka jatuhnya akan masuk pada hal-hal yang sifatnya substantif.
Dalam berbagai hal Descartes sangatlah skeptis akan tetapi dia tidak berani meragukan tentang tiga hal yaitu Aku jiwa dan badan. Sebenarnya kalau berbicara masalah semua kesaanksian descartes seluruhnya adalah sanksi bahkan sebenarnya tuhanpun ia sansikan, akan tetapi pada akhirnya Des Cartespun juga tidak mampu melepaskan tuhan dari dirinya. Seolah-olah Tuhan sudah menyatu dengan dirinya dan mrupakan kebenaran yang sifatnya absolut.

Dalam teori dualismenya ia mengatakan bahwa dalam saya mensangsikan dengan menggunakan dua cara yaitu dengan cara deduktif dan dengan cara intuitif. Dalam pandangan saya dengan menggunakan sebuah intuitif seperti yag Descates lakukan adalah sebuah utopis. Hal ini jelas sekali ketika Des Cartes mendapatkan sebuah mimpi-mimpi maka kemudian Des Cartes meragukan tentang mimpinya dan kemudian dia lalu juga mensanksikan ligkungan disekitarnya.

Dengan menggunakan logika atom Des Cartes mencoba menggunakan metode kesansianya akan tetapi hal itu terbatas pada keterbatasan manusia dalam memahami sesuatu, juga terbatas pada norma dan budaya masyarakat yang ada. Tidak selamanya teori kesanksianya itu bisa diterapkan dalam lingkungan sosial karena lingkungan sosial tidak selamanya bisa di eksperimentasikan lewat atom. Dalam hal ini Des Cartes sangat membatasi sekali tentang kehendak akal, pada prinsipnya akal manusia terbatas tapi kenapa kemudian Des Cartes membatasinya. Mungkin merupakan sebuah pemikiran besar pada waktu itu karena perkembanagan ilmu pengetahuan yang ada pada waktu itu hanya sebatas sampai di situ.

Dalam kerangka berfikir saya sampai hari ini yang ada adalalah teori Des Cartes Sudah tidak mampu lagi mengoptimalkan Rasio Karena Des Cartes beranggapan bahwa rasio merupakan titik tolak terbesar dalam rangka memperoleh pengetahuan. Hari ini rasio sudah mati dan sudah dikondisikan oleh lingkungan yang ada. Peran rasio sudah dibatasi dan didominasi oleh orang-orang yang menyatakan diri sebagai KITA dan tentunya dia pasti mengabaikan orang lain atau (other). Ini juga merupakan kelemahan kesanksian Des Cartes.

Des Cartes merupakan seorang pemikir yang memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan para pemikir zaman modern ataupun zaman postmodern. Karena dengan teori atomnya inilah yang merupakan sebuah pisau analisa para pemikir modern, madhab kritis dan orang orang Postmodern dalam melihat sebuah realitas.

4 Tanggapan to “Rene Des Cartes Seorang Rasionalis Yang Tidak Menghargai Rasio”

  1. hominoidea said

    yaa setidaknya des cartes memberikan inspirasi pada newton meski nyaris hasil olah pemikirannya copasvaganza di masa nya.

  2. pablo dos santos said

    siip..pkke gag brhnti bwt bljr ae

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: