Edi Purwanto Trace

Save the Freedom Thoughts

Satu-satunya Tempat Ibadah Yahudi di Segel Massa

Posted by Edi Purwanto pada Januari 20, 2009

Pada bulan Januari 2009 dalam amatan kami paling tidak ada dua kasus yang sempat menjadi sorotan kami. Yang pertama adalah penutupan Sinagog di di Jalan Kayon No. 4 Surabaya oleh gabungan massa yang menamakan diri sebagai Masyarakat Peduli Palestina. Kejadian ini terjadi pada hari Rabu, 7 Januari 2009.

Selain kasus penutupan satu-satunya tempat ibadah orang Yahudi itu juga ada satu kasus lagi yang terjadi di kota Batu. Yaitu penutupan prostitusi dan tempat-tempat yang dianggap berbau bisnis esek-esek di kota Batu. Berbagai ormas masyarakat melakukan orasi dan meminta kepada pemerintah kota Batu untuk menutup seluruh lokasi pelacuran di Kota Batu. Kejadian ini terjadi pada hari Senin, 12 Januari 2009.

Pada hari Rabu tanggal 7 Januari 2009 Jalan kayun No. 4-6 surabaya mendadak menjadi ramai. Ratusan Massa yang tergabung dalam Masyrakat Peduli Palestina (MPP) mengepung tempat ibadah orang Yahudi (synagogue). Mereka menyegel tempat ibadah itu dan tidak memperbolehkan lagi digunakan untuk ibadah umat Yahudi.

Sebelumnya gabungan ormas Islam yang terdiri dari MUI, NU, Muhammadiyah, Hidayatullah, DDDI, Al-Irsyad, Al-Qoiriyah, Bayinat, Al-Syiyah, Muslimat, BKPPM, GP Ansor, HMI, ICMI, CICS, PII, FAK, HTI, PITI, FUI, dan BMI ini berorasi di depan gedung Grahadi Surabaya.

Kedatangan mereka ke grahadi adalah untuk berorasi memprotes dan mengutuk agresi militer Israel terhadap Palestina. Dengan membawa berbagai macam atribut dan poster mereka beryel-yel untuk mengutuk Palestina.

Tidak puas orasi di depan Grahadi, massa pada pukul 10.00 bergerak menuju Jalan Kayon No. 4-6 Surabaya. Mereka meneriakan yel-yel anti Israel dan anti Yahudi. Massa yang sudah terbakar amarah ini lalu melakukan pembakaran bendera Israel di depan Sinagog. Belum puas membakar bendera, mereka lantas menyegel tempat ibadah orang Yahudi itu.

Massa beranggapan bahwa keberadaan tempat ibadah orang Yahudi ini merupakan tempatnya orang Israel untuk melakukan invansi di Indonesia. Maka dari itu keberadaan tempat ibadah itu harus ditutup. Dengan menggunakan gembok, mereka menyegel satu-satunya tempat ibadah orang Yahudi di Indonesia itu.

”Tempat ini terlarang dan harus di tutup selamanya”, ujar Ketua Bidang Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur Abdurohman Navis, yang ikut dalam demonstrasi itu.

Mereka bertakbir, meneriakan slogan anti-Israel dan Yahudi, mengibar-ngibarkan bendera Palestina. ”Pemkot harus menutup tempat ini selamanya,” tegas Ketua MUI Jatim Abdushomad Buchori. ”Sinagog ini merupakan lambang Yahudi dan Zionis,” lanjutnya.

Setelah melakukan orasi di depan sinagog dan membakar bendera Israel serta menyegel tempat ibadah itu dengan gembok massa membubarkan diri dengan tertib. Sambil berteriak-teriak Allahu Akbar… Allahu Akbar…

Tidak Berfungsi

Tempat ibadah orang Yahudi ini memang sudah lama tidak difungsikan sebagaimana mestinya. Beberapa orang yahudi yang berada di Surabaya kalau beribadah di rumahnya masing-masing. Entah mengapa mereka tidak lagi menggunakan tempat ini sebagai tempat ibadahnya.

Konon tempat ini adalah bangunan bersejarah tinggalan zaman Belanda. Dahulu memang digunakan sebagai tempat ibadah bagi orang-orang Yahudi. Namun rupanya para ahli warisnya tidak mau lagi melakukan ibadah di sinagog. Mereka memilih untuk beribadah di rumahnya masing-masing.

Ahli waris orang Yahudi memang tidak banyak yang berada di Surabaya. Abraham Zahavi adalah salah satu ahli warisnya dai keturunan Yahudi Irak, sempat ke Israel buat cari jodoh.  Dapatnya malah Leah, wanita yahudi keturunan India.  Belakangan, Chaya, anak perempuannya malah menikah dengan lelaki muslim, sementara cucu cucu Lea anak lelaki dan anak perempuan dari Chaya malah masuk di sekolah katolik. Kendati cucu lelakinya ikutan sholat Jum’at bersama sang ayah. Kebanyakan mereka malah berpindah agama Kristen atau yang lainnya. Walaupun sebagian juga masih ada yang memeluk agama seperti nenek moyangnya (Edi)

Tulisan ini diolah dari:
inilah.com,
Jawapos.or.id
Republika, 15 Juni 2005)

23 Tanggapan to “Satu-satunya Tempat Ibadah Yahudi di Segel Massa”

  1. anto said

    KITA SEMUA MEMPUNYAI HAK UNTUK TINGGAL DI TEMPAT YANG KITA PILIH

    KITA SEMUA MEMPUNYAI HAK UNTUK BEKERJA DI TEMPAT YANG KITA PILIH

    KITA SEMUA MEMPUNYAI HAK UNTUK PERGI KE TEMPAT YANG KITA PILIH

    KITA SEMUA MEMPUNYAI HAK UNTUK BEKERJA SAMA DENGAN SIAPAPUN YANG KITA PILIH

    KITA SEMUA MEMPUNYAI HAK UNTUK BERBICARA DENGAN BAHASA YANG KITA PILIH

    KITA SEMUA MEMPUNYAI HAK UNTUK MEMILIKI PRIVASI SENDIRI….YAHUDI BUAKANLAH ISRAIL YAHUDI,NASRANI,ISLAM ADALAH AGAMA TURUN DARI ALLAH SWT DI PERINTAHKAN UNTUK MENTAATI KEHENDAKNYA….BERUKUK KEPADANYA…AMIN

  2. anto said

    SATU BUMI TANPA PEMERINTAHAN…..DAN TAAT PADA YANG ESA….ADIL DAN MERATA…MENGENAI KONFLIK ISRAIL DAN PALESTINE PERLU ADA PERUNDINGAN DAMAI DAN JUGA STOP PEMASOKAN SENJATA DI KEDUA BELAHNYA STOP PERANG……..!!!!!

    • Ari said

      Negeri Palestina itu milik siapa? Lalu mengapa rakyat Palestina dibombardir dengan bom dan ditembaki, diblokade semua pasokan makanan dan obat-obatan, diusir dari rumah-rumah mereka dan dihilangkan peta negeri mereka dari peta dunia?Apakah jahat ketika kita berjuang untuk negeri kita sendiri dari penjajahan sebagaimana Belanda dan Jepang yang pernah menjajah Indonesia?

  3. anto said

    ANARKISME BUKANLAH KEKACAUAN ATAUPUN TINDAKAN YANG MERUSAK

    ANARKISME MENGHANCURKAN INSTITUSI BUKAN KEHIDUPAN

    ANARKISME ADALAH SEBUAH FILOSOFI DARI KEMERDEKAAN, KEADILAN SOSIAL, DAN RESPEK PADA KEHIDUPAN BERSATU DAN BERJUANG DEMI SEBUAH DUNIA YANG LEBIH BAIK.GO INTERNASIONALIST SOSIALIST SEPENUHNYA…BUNG`

  4. rocknrevolt said

    anarkisme..
    hmmmm…

  5. Ari said

    Sinagog di Indonesia disegel massa? Karena tidak pernah dipakai lagi sebagai tempat ibadah ummat Yahudi dan memang di Indonesia jarang / hampir tidak ada Jemaat ummat Yahudi. Tetapi Masjid Al-Aqsa dirusuhi, berusaha dibongkar dengan berbagai cara dengan alasan agama Yahudi bahwa disitu adalah kuil Sulaiman. Padahal orang Islam mengakui dan menghormati Sulaiman sebagai Nabi. Sebenarnya siapa yang memaksakan kehendak dengan dasar agama???
    Siapa yang bersikap anarkis???

    Ketika bayi-bayi, anak-anak, wanita-wanita, dan orang-orang sipil ditembaki, dibombardir dari udara. Pemblokiran bantuan makanan dan obat-obatan. dengan alasan “membela diri” dari rakyat Palestina yang telah berabad-abad hidup di negerinya sendiri dengan damai terhadap ummat Kristen, Yahudi dan Agama lain???Serta mendeskriditkan pejuang kemerdekaan Palestine(Negerinya sendiri) sebagai Terorist.

  6. z said

    wes mulai berhasil rek ajarane yahudi.mulai atheis kbeh.islam = krsten = yahudi.smw agama sama laan?

    • tentunya tidak semua agama sama mas. akan tetapi semua agama mengajarkan kebaikan dan kemanusiaan itu iya.

      karena itulah yang menggerakkan hati kita untuk bisa menghargai dan menghormati agama yang lain.

  7. onsir said

    Jangan ada tempat utk yahudi !!!!!!!!!!!!.

    • netral said

      mmm….
      q bukannya membela syp2…
      tp mengapa qt tidak melihat dari sudut pandang yg lain..?!!

      pantaskah yahudi qt kutuk…?

      apakah qt tidak kasihan pada bayi2 yahudi yg baru lahir?

      penakah qt berpikir …
      bahwa bayi yahudi itu sebenarnya tidak mau lahir di yahudi, sehingga tidak ada yg mengutuk dy kelak dewasa…

      beruntunglah qt yg lahir di tanah yg cinta damai bukan di darah org yahudi…

      sekali lg…
      pernahkah qt memperhatikan perasaan para bayi yahudi yg sebenrnya tidak mw dilahirkan sebagai yahudi…

      betapa kasian sekali mereka…

      solusi apakah yg tepat?!!!!

  8. yosnikmor said

    Rakyat indonesia, terlalu bodok dan wawasannya kurang terbuka, permasalahan di palestina bukan agama, tetapi persoalan wilayah, di yerusalem timur misalnya, tidak ada pembakaran gereja dan pemblokiran terhadap sinagog atau pelarangan tempat ibadah kaum minoritas seperti di indonesia oleh kelompok yang menamakan diri kelompok mayoritas mereka mayoritas tetapi pikiran mereka masih tekebelakang seperti di zaman prasejarah/zama batu, mereka berlakukan hukum rimba, yang mayor menang atas yang minor, mereke sendiri belum sampai di yerusalem yang adalah bagian dari wilaya palestina dan menyaksikan kerukunan umat beragama di sana, kelompok mayoritas indonesia mudah terprofokasi dan di bohongi karena sumber daya manusia nya yang masih rendah, itu persoalannya, jadi jangan sembarang memberikan komentar yang kurang berbobot, nenek moyang orang yahudi adalah Abraham/Ibrahim dan dalam kita suci, Torat Yahudi dan Kitab suci Alkitab Kristen ada tertulis barang siapa yang mengutuk umatKu(Yahudi) dia akan dikutuk Tuhan, dan barang siapa yang memberkati umatKu ( Yahudi) dia akan di berkati Tuhan, dan itulah kenyataan yang terjadi di sepanjang sejarah perdaban umat manusia di jagat ini dari zaman ke zaman, misalanya negara2 yang mengutuk yahudi sampai hari ini kacau balau dan miskin, sedangkan negara2 yang memberkati yahudi, makmur dan maju seperti negara2 eropa amerika, china dan lain-lan. jadi mau indonesia makmur dan maju seperti mereka, rubahlah paradigma berfikir bagi kaum mayoritas yang selami ini melakukan anarkis, tidak menyelesaikan masalah mala menambah masalah. penghulu agama yang suka mengompori belum tentu benar, jangan terlalu mengkultuskan mereka, karena mereka adalah manusia juga yang sama seperti kebanykan manusia lain yang juga kurang wawasan dan pengetahuan, jangan sembunyi di balik fanatisme bodok. semoga bermanafaat bagi pembaca.

    • sepakat mas, ini adalah problem kebangsaan. bangsa ini masih belum bisa berbeda.

    • Deden said

      bukan persoalan wilayah, tapi sejarah!
      tentu tidak semua keturunan Abraham. Itu tergantung pada sikap mereka sendiri; seusuai atau tidak dengan firman, berbuat baik atau buruk di mata Tuhan. Kami yakin kejahatan akan dibalas dengan kejahatan.

      • BOH-Ehm said

        Ini salah satu bentuk penutupan mata terhadap persoalan terjadi. Dengan mempengaruhi orang lain supaya meganggap ini hanya masalah wilayah.

        Apa anda tahu mengapa israel ingin megusai Palestina..??

        Tujuannya adalah untuk meruntuhkan MASJIDIL AQSA yag ada di palestina!

        Kalau mereka sudah memiliki wilayah itu, nggak ada yag bisa mecampuri urusan internal negaranya kan?

        Masih dibilang bukan urusan agama..?

        Palestina bukan hanya membela tanah airnya, tapi juga masjid suci itu…!!

        Buktinya, dulu Kemudian diganti oleh orang Palestina dengan Mimbar JATI JEPARA dari Indonesia.

        Jelas, Orang Islam Nggak Akan membiarkan itu terjadi..!

        Umat Islam di bagian dunia lain juga tidak akan tinggal diam!

  9. anti yahudi said

    orang indonesia yang membela yahudi harus di cari dan di gantung ! Hidup nazi..i love nazi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: